Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2018)

IMPLIKATUR PADA UNGGAHAN INSTAGRAM PRODUK “ MATAHARI DEPARTEMENT STORE” BULAN APRIL 2018 (KAJIAN PRAGMATIK)

Zulfaa Awwalul Syaikhoh (Universitas PGRI Madiun)
Agus Budi Santoso (Universitas PGRI Madiun)
Eni Winarsih (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepaduan antara gambar dan caption yang diunggah dan Implikatur yang mengandung maksud, tujuan dan makna tersirat pada setiap unggahan pada Instagram Matahari Departement Store dengan akun @mataharideptstore. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal Instagram produk Matahari Department Store dengan nama akun @mataharideptstore. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan analisis.Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan analisis. Hasil temuan penelitian ini diperoleh sebagai berikut: (1) Kepaduan antara caption dan gambar pada unggahan Instagram Matahari Departement Store pada bulan April 2018 antara konteks, gambar dan caption berdasarakan gambar, caption dan konteks yang berhubungan dengan unggahan, dan (2) Implikatur pada unggahan Instagram Matahari Departement Store pada bulan April 2018 ditunjukkan dengan unggahan gambar produk.

Copyrights © 2018