Journal of Education Technology
Vol 2, No 3 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III

Sariani, Ni Luh Ayu (Unknown)
Suarjana, I Made (Unknown)
Dibia, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha,dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha,terhadap mata pelajaran Matematikasiswa kelas III SD di Gugus III Semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian ini adalahsiswa kelas III SD Negeri 3 Dencarik berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD Negeri 2 Dencarik berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit = 3,22 > ttab  =1,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudhadan kelompok siswa yang tidak dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudha pada siswa kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Saran dari penelitian ini adalah agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha, dalam bidang matematika maupun bidang ilmu lainnya yang sesuai, serta peneliti juga diharapkan memperhatikan kendala-kendala yang di alami dalam penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan penelitian yang akan dilaksanakan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...