Dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry. Penerapan Pengembangan Desain Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar Siswa. Hal ini ditunjukkan oleh prestasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran Biologi Materi pokok pembelajaran Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. Yang terlihat pada siklus I menunjukkan Dari frekuensi data tersebut diketahui nilai terendah 5 frekuensi 6 dengan prosentase 7,89 %, dan nilai tertinggi 9 frekuensi 3 dengan prosentase 7,89%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa nilai di atas rata-rata (tergolong nilai tinggi) adalah nilai 8 dengan frekuensi 12 dengan prosentase 31,58 %, nilai 9 frekuensi 3 dengan proseritase 7.14%. Sedangkan kategori cukup nilai 7 frekuensi 8 dengan prosentase 21.05%, nilai 6 dengan frekuensi 12 dengan prosentase 31,58 %. Dan tergolong nilai rendah (kurang) adalah nilai 5 dengan jumlah frekuensi 3, dengan prosentase 7,89 %. Dalam siklus kedua didapatkan kelompok nilai tinggi dan nilai cukup saja. Untuk kategori tinggi sejumlah 64.29 % dengan rincian 14.29 % untuk nilai 10, 32.71% untuk nilai 9, dan 14.29% untuk nilai 8. Sedangkan kategori nilai cukup sejumlah 32.71 % dengan rincian 21.42 % untuk nilai 7 dan 14.29 % untuk nilai 6. Sedangkan nilai kurang tidak didapatkan dalam kegiatan belajar pada siklus ini. Dan data tersebut menunjukkan bahwa antara siklus I dan siklus II motivasi belajar siswa dengan strategi pembelajaran inquiry menunjukkan peningkatan. Pada siklus I nilai tertinggi 39,47 %, tetapi pada pelaksanaan siklus II peningkatan drastis dengan nilai tertinggi sejumlah 65,78 %, dengan jumlah responden yang sama yaitu 38 responden. Adanya Peningkatan motivasi belajar. Sehingga dalam kegiatan penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.
Copyrights © 2019