Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 2 No 1 (2019): Vol 2 No 1 (2019)

Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Ipa Melalui Pengunaan Metode Pembelajaran Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran Yang Mengembangkan Seluruh Potensi Peserta Didik) Pada Siswa Kelas VII-F Semester Genap Di SMP Negeri 6 Kota Madiun

Yuli Bambang Sumanto (SMP Negeri 6 Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2019

Abstract

Melalui pemanfaatan Metode Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan seluruh potensi peserta didik) peningkatan nilai yang sesuai dengan harapan guru, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada Siklus I Dari data nilai ulangan harian dimana dalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai 64.95 (65%) dari 28 siswa. Sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa dengan prosentase 49 % dan yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa dengan tingkat prosentase 51 % . Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus I menurut kurikulum 2004 ini dalam standart ketuntasan minimum yang ditetapkan sebesar 65 dengan nilai rata-rata 64.95 (65%) tingkat ketuntasan 49 % maka perlu diadakan siklus ke 2. Pada siklus II Dari data nilai ulangan harian dimana dalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai 7,49 dari 28 siswa. Sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 37 siswa dengan prosentase 95 % dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan tingkat prosentase 5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus II menurut kurikulum 2004 standart ketuntasan minimum yang ditetapkan sebesar 65 dengan nilai rata-rata 7,49 tingkat ketuntasan 95 % maka perlu diadakan siklus ke 3. Pada Siklus III Dari data nilai ulangan harian dimana dalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai 83.16 (83%) dari 28 siswa. Sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa dengan tingkat prosentase 100 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus 3 ini menurut kurikulum 2004 dalam standart ketuntasan minimum yang ditetapkan 65 dengan nilai rata-rata 83.16 (83%) tingkat ketuntasan 100 % dapat dicapai. Maka dalam Kegiatan Penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas atau Berhasil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...