Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 2 No 1 (2019): Vol 2 No 1 (2019)

Pengggunaan Contextual Teaching And Learning CTL) Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita Kelas III SLB PGRI Kawedanan Magetan

Idawati, M.Pd (SLB PGRI Kawedanan Magetan)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2019

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa tunagrahita kelas III. Fokus penelitian ini meliputi bagaimana kemampuan menulis kalimat sederhana melalui aktivitas penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan di SLB PGRI Kawedanan Magetan. Berdasarkan permasalah yang ditetapkan, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara mendeskripsikan data awal, data siklus I, dan data siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas III. Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana ditunjukkan dari meningkatnya rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana dari sebelum dilakukan tindakan 55,5 menjadi 68,4 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 79,5 pada siklus II, berarti terjadi peningkatan 20. Ini artinya kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas III dapat dikatakan tuntas, karena nilai rata-rata 79,5 diatas KKM 70,0.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...