Intelektualita
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Intelektualita

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA MTsS DARUL AMAN ACEH BESAR

Nurussalami Nurussalami (State Islamic University (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Pengelolaan Pembelajaran Akidah Akhlak secara efektif dapat membentuk moral dan akhlak yang baik untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Tujuan pembelajaran Akidah akhlak adalah untuk membentuk budi pekerti yang Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran, mulai dari penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan Akidah Akhlak  pada MTsS Darul Aman  kecamatan darussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru pendidikan Akidah Akhlak dan Siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) proses penyusunan rencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) Pendidikan Akidah Akhlak dilakukan dengan beberapa langkah yaitu menentukan unit pembelajaran yang diterapkan dalam PBM, menetapkan standar Kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan indikator, menentukan alokasi waktu, menyusun langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup, materio pembelajaran, metode alat dan sumber, serta penilaian (b) pelaksaan pembelajaran Akidah Akhlak  dimulai dengan : mengatur posisi duduk siswa, bersiap dan memberi salam, membaca do’a mengabsen siswa, apersepsi, menyampaikan materi pembelajaran sesuai RPP, menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, hiwar, riyadhah, uswatun hasanah), menumbuhkan sikap positif dan memotivasi siswa agar gairah dalam belajar, mengelola interaksi dalam kelas serta menutup pelajaran dengan membaca do’a. Khusus materi shalat guru membimbing siswa mengadakan praktik langsung diruang mushalla.  (c) kemampuan mengevaluasi pembelajaran oleh guru Agama yaitu: dengan mengadakan evaluasi proses pembelajaran Akidah Akhlak  dari awal sampai akhir pembelajaran serta evaluasi formatif dan sumatif serta menentukan instrumen penilaiaan. (d) faktor penghambat pengelolaan pembelajaran pendidikan Akidah Akhlak adalah kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran, kultur sekolah, kurang guru dalam partisipasi pembentukan karakter siswa dalam berbicara sehari-hari sikap antara siswa dengan siswa dan guru dengan siswa , kurang peminaan dan pelatihan Etika dan prilaku siswa terhadap guru.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas ...