Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 10 No 1 (2018): Juni 2018

PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG KEUTUHAN NKRI

Fitriah, Fauziah (Unknown)
Sabri, Sabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tentang keutuhan NKRI pada mata pelajaran PKn dan kurang tepatnya penggunaan media/metode pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan metode Guided Note Taking yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi menjaga keutuhan NKRI. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SDN Rawu Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas (PTK) dengan rancangan model John Ellot. Instrumen penelitian ini menggunakan tes subjektif berupa soal uraian dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat tiap siklusnya yang terlihat dari hasil observasi pada siklus I, yaitu 40,74%, mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 69,31%. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I dari 19 aspek yang telaksana adalah 11 aspek, dan mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 18 aspek yang terlaksana. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada tiap siklusnya, pada siklus I yaitu 49,29 dengan presentase 34,09%, dan pada siklus II meningkat menjadi 72,38 dengan presentase 86,36%. Hasil ini menunjukkan peningkatan 23,09 dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Guided Note Taking pada mata pelajaran PKn kelas V pada materi menjaga keutuhan NKRI terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...