Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 10 No 1 (2018): Juni 2018

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA

Eka Nurfitriana (UIN SMH Banten)
Yayu Heryatun (UIN SMH Banten)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif. Anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui”nya. Selain itu, dengan bantuan media buku cerita bergambar, dapat menjadikan pembelajaran lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian berupa One Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas IV MI Al-Mujahidin Kota Tangerang dan sampel yaitu kelas IV B. Pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar menghasilkan nilai rata-rata 6,8. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis menggunakan pengujian statistik yaitu uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan tingkat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media buku cerita bergambar terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Indonesia kelas IV B yang cukup signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...