Jurnal Informatika Upgris
Vol 4, No 2: Desember (2018)

Penerapan Teknologi Mobile untuk Request Nomor Antrian Pasien pada Praktek Dokter Spesialis dan Dokter Umum

Ifriandi Labolo (STMIK Ichsan Gorontalo)
Fitriyanti Suleman (STMIK Ichsan Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2019

Abstract

Kebijakan pelayanan kesehatan menjadi salah satu komponen yang utama [1]. Peningkatan pelayanan kesehatan yang baik seharusnya tidak berhenti sampai pada pembanguan infrastruktur yang baik, atau hanya sampai pada pemeriksaan atau diganosis dokter terhadap pasiennya, akan tetapi pelayan kesehatan yang baik juga terletak pada tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Kasus tidak efektifnya pelayan kesehatan banyak terjadi di masyarakat, mulai dari lambatnya pelayanan rumah sakit, mal praktek, sampai pada masalah yang paling banyak di temukan dan sering terjadi yaitu proses antrian yang harus dilakukan oleh calon pasien yang akan berobat ke dokter umum atau spesialis. Proses antrian yang panjang dan ditambah lagi di tempat praktek tersebut tidak disediakan tempat menunggu yang nyaman ini merupakan permasalahan umum yang sering dialami pada saat kita akan pergi berobat baik ke dokter umum maupun dokter spesialis.Penelitian ini mengusulkan model pengambilan nomor antrian pada klinik /tempat praktek dokter umum dan dokter spesialis dengan menerapkan teknologi mobile dan web service. Secara umum model yang diusulkan sama dengan model yang sudah berjalan saat ini, yaitu untuk berobat pasien harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu, akan tetapi proses pengambilan nomor antrian yang mengharuskan pasien datang langsung ke klinik/ tempat praktek dokter umum dan spesialis akan diubah menjadi pelayanan pengambilan/ request nomor antrian menggunakan smarphoneandroid.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIU

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics UPGRIS published since June 2015 with frequency 2 (two) times a year, ie in June and December. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving closely ...