Vidya Karya
Vol 33, No 1 (2018): April 2018

PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Muh. Said L. (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin)
Syahriani Syahriani (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin)
Utami Rezki (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Abstract.  This study aimed at determining students’ achievement on science process skills  after being taught using guided discovery instruction based on Student Worksheets (LKPD) and also at finding out the influence of the instruction used in this study to the students’ science process skills. This research is a pre-experimental study with a research design that is one shut case study. The population of this study were 123 people who were spread into 4 classes. The sample in this study were 30 people who obtained based on purposive sampling technique. Based on descriptive analysis, it is obtained an average score of student mastery of 83.30 which is greather than minimum score of student’s mastery (KKM) of 75. The hypothesis testing is done using binomial test. Therefore, based on these findings, it can be concluded that the implementation of guided discovery instruction based on student worksheets (LKPD) can affect science process skills.  Keywords: science process skills, guided discovery, student worksheets Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keterampilan proses sains peserta didik setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran discovery terbimbing berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan proses sains peserta didik setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran discovery terbimbing berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan  desain penelitian  one shut case study. Populasi penelitian ini sebanyak 123 orang yang tersebar ke dalam 4 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang yang diperoleh berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata 83,30 yang mana lebih besar dari pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 75. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji binomial. Berdasarkan pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery terbimbing berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat berpengaruh terhadap keterampilan proses sains.  Kata kunci: keterampilan proses sains, penemuan terbimbing, Lembar kerja peserta didik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JVK

Publisher

Subject

Education

Description

Vidya Karya terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analitis krtitis setara dengan hasil penelitian di bidang teori dan atau praktik ...