Mimbar Ilmu
Vol 23, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Diah Ratna Sari, Kadek Ayu (Unknown)
Ngurah Wiyasa, Komang (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan? kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media konkret dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018.? Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB? SD N 10 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SD N 3 Kesiman sebagai kelompok kontrol? dengan jumlah masing ? masing? kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 41 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPA dan dianalisis dengan uji-t. Setelah dianalisis dengan uji-t, diperoleh thitung = 2,372 pada taraf signifikansi 5% (a= 0,05) dengan dk = 79 dan ttabel (a=0,05) =? 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 2,372 >? ttabel (a=0,05) =? 2,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol dengan rata-rata? = 0,41 > =? 0,31, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Media Konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing? berbantuan Media Konkret? dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional? pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun pelajaran 2017/2018.?Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, media konkret, kompetensi pengetahuan IPA

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...