Pendidikan juga sebagai alat untuk memajukan peradaban. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional seiring dengan kemajuan zaman, pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional dilakukan demi mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional. Ditemukan permasalahan yang teradi di SDN 2 kutablang, maka dapat dirumuskan suatu masalah yaitu Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa, dan respon siswa kelas IV SD  Negeri 2 kutablang melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi Mengenal alat indra manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Data yang diambil yaitu data hasil belajar dilakukan dengan teknik tes yaitu tes siklus, kemudian data aktivitas diambil melalui lembar observasi, baik untuk aktivitas guru dan siswa. Data respons diambil dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Begitu juga dengan hasil observasi kegiatan siswa dan guru. Kata kunci: Hasil belajar, CTL
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017