Penanaman dan penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawabsangat penting bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)mengingat peran SMK menghadapi tantangan di dunia kerja dengantuntutan kebutuhan pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas.Oleh karenanya, habituasi nilai karakter kemandirian dan tanggungjawabharus dilakukan. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SMKN 5Semarang dan SMKN 2 Salatiga, menggali penanaman dan penguatankarakter kemandirian dan tanggungjawab melalui wawancara, observasidan data dari dokumen. Hasil penelitian menunjukkan; bahwa habituasinilai karakter kemandirian dan tanggungjawab dilakukan melalui duabentuk kegiatan, yakni melalui pelajaran PPKn dan melalui kegiatan diluarpembelajaran yang saling terintegrasi. Banyaknya mata pelajaran praktikselama ini, muncul persepsi bahwa mata pelajaran PPKn tidak dianggapsebagai mata pelajaran yang penting di SMK. PPKn menjadi mata pelajaranyang menanamkan karakter bagi peserta didik di SMK selain matapelajaran lainnya. Penilaian karanter kemandirian dan tanggungjawab pada mata pelajaran PPKndiintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya, misalnya ketika siswa melaksanakan kegiatan praktikdengan menggunakan “Kartu Kendali Individu”. Dengan demikian, karakter kemandirian dantanggungjawab dapat merembes ke dalam aktifitas peserta didik SMK melalui kegiatan di luar jam kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018