Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Tematik Berbasis Teknohumanistik Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD Dwijendra Denpasar

Winaya, I Made Astra (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan profil SDDwijendra. (2) Mengelaborasi nilai-nilai karakter pada siswa yangmengikuti pembelajaran tematik berbasis teknohumanistik. (3)Menganalisis efektifitas pengembangan nilai-nilai karakter pada siswayang mengikuti pembelajaran tematik berbasis teknohumanistik. JenisPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitiandilaksanakan di SD Dwijendra Denpasar. Teknik pengumpulan datamenggunakan instrumen kuisioner, wawancara, dan observasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Berdasarkan rumusan visitersebut, SD Dwijendra Denpasar berkomitmen untuk mewujudkanpendidikan yang seimbang antara penguasaan ilmu, prestasi dan jugasikap, dan tindakan yang mencerminkan nilai agama. Hal tersebut sejalandengan konsep pendidikan tenohumanistik. Kedua, elaborasi nilai-nilaikarakter yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakandengan menggunakan model tematik berbasis teknohumanistikmenekankan pembelajaran yang mampu menghasilkan siswa yangmemiliki aklah mulia. Ketiga, Berdasarkan hasil analisis penyebarankuesioner, wawancara dan observasi terhadap siswa, guru dan kepala sekolah menunjukan pelaksanaanpembelajaran tematik berbasis teknohumanistik memiliki efektifitas yang sangat memuaskan terhadappengembangan nilai-nilai karakter siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIIS

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu ...