Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 6, No 2 (2018): VOLUME 6 NOMOR 2 DESEMBER 2018

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI DAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISTEM REPRODUKSI

Woro Tien Asrini Putri (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mandiri dan kooperatif tipe investigasi kelompok pada materi sistem Reproduksi kelas XI SMA. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 159 siswa, 79 siswa dengan menggunakan model pembelajaran mandiri, dan 80 siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Analisis uji prasyarat menggunakan Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene’s untuk homogenitas. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji U Mann-Withney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil uji U Mann-Withney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dari kedua kelompok model pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...