Mayoritas siswa terlihat memiliki sikap tanggung jawab pribadi dan sosial yang rendah terutama ketika terlibat dalam pembelajaran dan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan keterampilan bermain sepak bola melalui penerapan model Hellison dan pendekatan soccer like games pada siswa kelas V SDPN Setiabudi Kota Bandung. Subjek penelitian seluruhnya berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 20 siswa putra dan 15 siswa puteri. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan GPAI dan lembar observasi perilaku tanggung jawab serta catatan lapangan dan dokumentasi sebagai instrumennya.Penelitian melibatkan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Hasil analisis data dari siklus I dan II menyimpulkan bahwa tanggung jawab siswa meningkat dari 32,00% ke 86,29%, dan keterampilan bermain siswa meningkat dari 54,19% ke 83,52%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Hellison dan pendekatan soccer like games dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan keterampilan bermain siswa dalam pembelajaran permainan sepak bola pada kelas V SDPN Setiabudhi Kota Bandung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017