Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash terhadap aktivitas siswa pada materi tekanan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suhaid. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIĀ  SMP Negeri 1 Suhaid yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih secaracluster randomĀ  sampling dan diperoleh siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil persentase aktivitas setiap individu 95%-100% dengan kriteria sangat baik. Besar pengaruh dengan nilai 1,19 tergolong tinggi menggunakan analisis effect size (ES). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII pada materi Tekanan di SMP Negeri 1 Suhaid.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018