JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash terhadap Aktivitas Siswa pada Materi Tekanan di SMP Negeri 1 Suhaid

Saputra, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash terhadap aktivitas siswa pada materi tekanan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suhaid. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIĀ  SMP Negeri 1 Suhaid yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih secaracluster randomĀ  sampling dan diperoleh siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil persentase aktivitas setiap individu 95%-100% dengan kriteria sangat baik. Besar pengaruh dengan nilai 1,19 tergolong tinggi menggunakan analisis effect size (ES). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII pada materi Tekanan di SMP Negeri 1 Suhaid.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA) memuat artikel yang membahas aspek: pendidikan Fisika dan Ilmu Fisika, pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, pendidikan Biologi dan Ilmu Biologi, pendidikan Sains, serta inovasi-inovasi pembelajaran. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, ...