Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapat informasi tentangkemampuan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di SMK Negeri 8 Lhokseumawe.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah.Data penelitian ini berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan yang di sajikan guru di SMK Negeri 8 Lhokseumawe.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan kepala sekolah dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di SMK Negeri 8 Lhokseumawe merupakan serangkaian kegiatan membentuk guru mengembangkan kemampuannya, maka dalam melaksanakan supervisi terhadap guru perlu diadakan kemampuan guru, sehingga dapat ditetapkan aspek mana yang perlu dikembangkan dan bagaimana cara yang tepat dalam proses mengembangkannya. Artinya kepala sekolah dapat memberikan penilaian performansi guru dalam mengelola proses belajar mengajar sebagai suatu proses dalam mengelola penampilan guru dalam proses belajar mengajar.  Kata kunci: Kepala sekolah, manajemen kurikulum.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018