Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media Powerpoint dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan sampel 12 guru Biologi yang sudah pernah mengikuti pelatihan TIK sebelumnya dari 7 sekolah yang berada di Kabupaten Aceh Utara. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah data angket, data observasi saat pelatihan berlangsung, tes performance guru, observasi proses pembelajaran, dan data penilaian Powerpoint. Persepsi guru biologi terhadap TIK cukup baik dan sama halnya dengan persepsi guru terhadap media Powerpoint. Pelatihan pengembangan media Powerpoint dilakukan selama 3 hari. Analisis tes performance guru terhadap media TIK sebelum mengikuti pelatihan termasuk kategori cukup mahir, sedangkan tes performance setelah mengikuti pelatihan termasuk kategori mahir. Dari analisis penilaian Powerpoint diketahui bahwa powerpoint hasil karya guru termasuk powerpoint yang sudah baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan tes performance guru dalam menggunakan komputer sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan sebanyak 12, 02 point. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran Biologi SMA dengan menggunakan media Powerpoint di dalam proses pembelajarannya.
Kata kunci: Perbedaan, Kompetensi Guru, Pengembangan Media, Media Powerpoint untuk Pembelajaran.
Copyrights © 2015