Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik secara sendiri -sendiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 1 Peudada. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert. Pengambilan keputusan uji hipotesis ini dilakukan dengan cara menguji keberartian dari koefisien arah regresi, dalam hal ini dilakukan dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Peudada yang dibuktikan dengan Fhitung = 9,091 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kontribusi gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 8,35%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Peudada yang dibuktikan dengan Fhitung = 4.064 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kontribusi gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 4,53%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Peudada yang dibuktikan dengan Fhitung = 10,019 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kontribusi gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 5,15%; Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar.
Copyrights © 2016