Jurnal Pendidikan Almuslim
No 3 (2017): Edisi Khusus

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS

Fatimah, Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

 Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI, sedangkan sampelnya diambil 1 kelas secara acak yaitu kelas XI/1. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dengan menggunakan uji t yaitu tehnik paired sample t test dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima Ho jika thitung < t(1-α) dan tolak Ho jika t mempunyai harga-harga lain pada db (N-1) = 29. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 6,94 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan 0,05 dengan db = 29. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis. Selain itu, dari perhitungan gain didapatkan rata-rata indeks gain sebesar 0,23. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...