Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI, sedangkan sampelnya diambil 1 kelas secara acak yaitu kelas XI/1. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dengan menggunakan uji t yaitu tehnik paired sample t test dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima Ho jika thitung < t(1-α) dan tolak Ho jika t mempunyai harga-harga lain pada db (N-1) = 29. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 6,94 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan 0,05 dengan db = 29. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis. Selain itu, dari perhitungan gain didapatkan rata-rata indeks gain sebesar 0,23. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017