DERIVATIF
Vol 12, No 2 (2018): November

STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH PADA BRI SYARIAH KCP METRO LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BANK

Devie Rasriantina (Pascasarjana UM Metro)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2018

Abstract

Industri perbankan Indonesia saat ini telah menjadi lebih luas dengan adanya dan semakin berkembangnya industri perbankan syariah. Bank-bank syariah dituntut untuk lebih inovatif terhadap suatu produk dan jasa yang menjadi pendukung utama keberhasilan perusahaan untuk mampu bersaing. BRI Syariah KCP Metro Lampung salah satu bank yang terus melakukan inovasi-inovasi produk dengan berusaha memenuhi kebutuhan nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran produk KPR BRI Syariah KCP Metro Lampung, (2) Memperoleh strategi pemasaran yang tepat untuk produk KPR BRI Syariah bagi BRI Syariah KCP Metro Lampung dalam meningkatkan pendapatan bank. Perolehan alternatif strategi diperoleh dari matriks SWOT dan untuk memilih strategi yang terbaik dengan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE, diketahui bahwa kekuatan utama yang dimiliki BRI Syariah KCP Metro Lampung adalah memiliki Top Brand Produk KPR FLPP (KPR Sejahtera Tapak), sedangkan kelemahan utamanya adalah jumlah kantor cabang dan ATM masih terbatas. Peluang utama bagi BRI Syariah KCP Metro Lampung adalah KPR FLPP merupakan produk yang memiliki keunggulan kompetitif, sedangkan ancaman yang dihadapi perputaran (turnover) SDM Bank Syariah relatif tinggi. Berdasarkan QSPM diperoleh alternatif strategi pemasaran yang tepat dalam penelitian ini adalah market penetration strategy (nilai TAS 5,8174). Kata Kunci: Manajemen Strategi, Analisis SWOT, QSPM

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit ...