Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 2 (2016): Daftar Isi

KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MEMAHAMI BAHAN KAJIAN HALOALKANA

Rohati, Rohati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa kelas III dalam memahami kajian Haloalkana. Penelitian ini bersifat deskriftif , variabel dari penelitian ini adalah kesulitan belajar sisiwa kelas III dalam memahami bahan kajian haloalkana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III program khusus IPA SMUN 1 Kepanjen tahun pelajaran 2000/2001. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dan diperoleh kelas III IPA1 dan III IPA2 sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa seperangkat soal objektif  haloalkana. Instrumen tersebut disusun berdasarkan kurikulum SMU 1994 dan suplemen GBPP 1999. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 38,65%  siswa kelas III SMUN 1 Kepanjen mengalami kesulitan dalam memahami bahan kajian Haloalkana. Jika dirinci kesulitan siswa kelas III SMUN 1 Kepanjen yang mengalami kesulitan tersebut pada masing-masing sub bahan kajian sebagai berikut: kesulitan dalam memahami reaksi pada senyawa haloalkana sebesar 24, 58%, kesulitan dalam reaksi pembentukan senyawa haloalkana sebesar 34,34%, kesulitan dalam memahami kegunaan dan dampak senyawa haloalkana terhadap lingkungan sebesar 39,12%, kesulitan dalam memahami tatanama senyawa haloalkana sebesar 39,90%, dan kesulitan dalam pemberian contoh senyawa haloalkana sebesar 55,29%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah:a) bagi siswa disarankan untuk mencari literature lebih banyak, dan b) bagi peneliti yang lain agar menggunakan instrumen penelitian yang lain, misalnya wawancara atau angket.

Copyrights © 2016