Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMPROSES LAPORANKEUANGAN PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SMK NEGERI 18 JAKARTA

Martutik, Martutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Negeri 18 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2016/2017pelajaran akuntansi perusahaan jasa dan dagangkhususnya kompetensi dasar memproses laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang. Jenis penelitian iniyaitu penelitian deskripsi dengan pendekatan action research.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  X Akuntansi 1 SMK Negeri 18 Jakarta.Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa pada Siklus I, rata-rata  hasil belajar  75,29 dengan persentase ketuntasan 62 %, dan pada siklus II, rata-rata hasil belajar mengalami kenaikan menjadi  80,82dengan persentase ketuntasan 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  hasil belajar memproses laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada    Siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 18 Jakarta   The purpose of this study to determine whether the model of Problem Based Learning learning can improve student learning outcomes of class X accounting 1 SMK Negeri 18 Jakarta even semester academic year 2016/2017 lessons accounting service and trading companies, especially basic competencies to process financial reports service and trading companies. This research type is research description with action research approach. The subjects of this study are the students of class X Accounting 1 SMK Negeri 18 Jakarta. The results of the description analysis revealed that in the first cycle, the average learning outcome was 75.29 with the percentage of completeness of 62%, and on the second cycle, the average learning outcome increased to 80.82 with the percentage of 88% completeness. Thus it can be concluded that the results of learning to process the financial statements of service and trading companies can be improved by using the model of Problem Based Learning learning on Student X Accounting Class 1 SMK Negeri 18 Jakarta

Copyrights © 2017