Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 2, No 2 (2018)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE VIDEOCD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MIS LAM GUGOP BANDA ACEH

Nurrizqa Nurrizqa (Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry)
Khairan AR (Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran VideoCD untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia Corel Video Studio pada siswa kelas VI A dan VI B di MIS Lam Gugop Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang didapatkan dalam penggunaan metode VideoCD untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada MIS Lam Gugop Banda Aceh tanggal 25 Oktober s/d 1 November 2017 . Untuk mengukur pengaruhnya digunakan pendekatan kuantitatif.  Prosedur dilakukan untuk membandingkan metode ceramah dengan metode VideoCD yang telah dibuat, selanjutnya dengan memberikan soal pre-test dan post-test. pre-test diberikan setelah metode ceramah diterapkan dan post-test diberikan setelah metode VideoCD terlaksanakan. post-test berupa soal yang sama dengan pre-test, hal ini bertujuan untuk melihat pengaruhnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dengan kriteria apabila r hitung > r tabel pada taraf signifikannya 0,05 dengan derajat bebas 60 maka H0 ditolak dan H1 deiterima. Didapatkan r tabel senilai 2,000 dan r hasil 4,370, jadi r hitung > r tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode VideoCD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan multimedia Corel Video Studio di MIS Lam Gugop.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cyberspace

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology education and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of ...