Aspek Hukum Dalam Perdagangan Bebas merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada Fakultas Hukum. Ada beberapa kendala yang dihadai dalam proses belajar menagajar mata kuliah ini. Bebarapa diantaranya adalah pemebalajaran masih konvensional yang dilakukan dengan strategi sajian presentasi yang monoton dan tidak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengartikulasikan tentang hal yang dipelajari dan cenderung membosankan. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan diharapkan terjadinya penigkatan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan sekarang adala Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Pengajaran ini menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks belajar bagi mahasiswa tetang cara berfikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini, meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa dengan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sikus pertama dimulai dengan identifikasi masalah yang ada didalam kelas, perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi untuk tidakan pada siklus kedua. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Fakultas Hukum tahun ajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui angket efektif dan kepuasan terhadap pembelajaran, ranah psikomotorik diperoleh dengan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dapat menigkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa semester V Fakultas Hukum t.a 2015/2016. Hal ini terlihat dari meningkatnya kedisiplinan, keseriusan dan kesenangan dalam mengikuti perkuliahan serta keaktifan dan keberanian mahasiswa menyampaikan pendapat dan hasil tes akhir perkuliahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000