J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
Vol 3, No 2 (2018): J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)

Pengaruh Karakteristik Representasi Submikroskopik terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa pada Topik Elektrokimia

Findiyani Ernawati Asih (Unknown)
Suhadi Ibnu (Unknown)
Suharti Suharti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Abstrak: Elektrokimia merupakan konsep aplikatif. Siswa perlu diarahkan mencapai pemahaman agar dapat menjelaskan fenomena korosi dan penyepuhan logam. Karakteristik penyajian representasi submikroskopik yang berbeda antara visualisasi statis (Vis) dan analogi (Log), dapat memberikan pencapaian pemahaman berbeda. Rerata pemahaman siswa Vis lebih tinggi daripada Log, sedangkan rerata terendah pada siswa yang tidak disajikan representasi. Hasil whitney u test dengan menujukkan bahwa keterampilan argumentasi berbeda secara signifikan. Rerata keterampilan argumentasi siswa Log 33,47 lebih tinggi daripada Vis 27,53, tanpa representasi 33,3 lebih tinggi daripada Log 27,7, dan Vis 39,15 lebih tinggi daripada tanpa representasi 21,85. Faktor-faktor selain pemahaman juga mempengaruhi keterampilan argumentasi siswa seperti interaksi antarsiswa, keaktivan dalam kegiatan diskusi, ketertariakan terhadap fenomena elektrokimia, kemampuan menjelaskan fenomena, dan pemahaman terhadap komponen-komponen argumentasi. Kata kunci: visualisasi statis, analogi, keterampilan argumentasi, elektrokimia

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j-pek

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian ...