Jurnal Pelita PAUD
Vol 3 No 1 (2018)

Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka

Tresna Dewi, Ajeng Rahayu (Unknown)
Kusumah, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan menggunakan media kartu angka di kelompok B TK Plus Harapan Bunda Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus untuk melihat hasil belajar anak dan aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Plus Harapan Bunda dengan jumlah 21 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka dikatakan berhasil apabila siswa memenuhi ketuntasan belajar minimal 85% atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian menjunjukan ada peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan yaitu pada pra tindakan diperoleh hasil yaitu 10,47 %, pada siklus I diperoleh hasil yaitu 33,33 %, siklus II diperoleh hasil yaitu 66,66 %, dan siklus III diperoleh hasil yaitu 88,57 % atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...