Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 2 (2018): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

PENERAPAN MODEL BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Irman Syarif (STKIP Muhammadiyah Enrekang)
Rahmat Rahmat (STKIP Muhammadiyah Enrekang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter melalui penerapan model Brain-Based Learning di kelas II SDN 172 Enrekang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 172 Enrekang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik.Teknik analisis data adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Brain-Based Learning dapat meningkatkan karakter peserta didik kelas II SDN 172 Enrekang tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...