Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu mendapat perhatian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Desain penelitian adalah posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Unaaha, yang berjumlah 167 orang. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas yang diajar dengan strategi metakognitif dan satu kelas lainnya diajar dengan strategi konvensional. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik desktiptif dan statistik inferensial. Pengujian Hipotesis melalui ANAVA satu jalan dengan menggunakan program SPSS 15,0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran metakognitif lebih efektif dibanding dengan siswa yang diajar dengan konvensional; (2) Pada kedua pembelajaran, semakin tinggi pengetahan awal matematika siswa maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam berpikir kritis matematis.
Copyrights © 2016