Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018

PERAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI MEDIASI PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Junida Putra Ananta Bakti (Universitas Brawijaya Malang)
Fatchur Rohman (Universitas Brawijaya Malang)
Sunaryo Sunaryo (Universitas Brawijaya Malang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keunggulan bersaing sebagai mediasi pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Holcim Beton Surabaya. Variabel keunggulan bersaing yang diteliti meliputi kemampuan bersaing, sumber daya manusia, dan relationship marketing. Variabel inovasi sendiri meliputi inovasi produk dan inovasi proses. Variabel orientasi pasar meliputi orientasi pelanggan dan responsiveness. Sedangkan untuk variabel kepuasan pelanggan meliputi kepuasan keseluruhan dan konfirmasi harapan. Penelitian ini menggunakan PLS sebagai metode analisis data. Berdasarkan hasil pengujian, inovasi secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Orientasi pasar memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Inovasi dan orientasi pasar secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui keunggulan bersaing. Dengan begitu keunggulan bersaing bisa dijadikan mediasi inovasi dan orientasi pasar untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Dengan begitu, ketika PT. Holcim Beton Surabaya melakukan inovasi serta melakukan orientasi pasar yang secara terus menerus yang mana hal tersebut belum dilakukan oleh perusahaan pesaing, maka keunggulan bersaing bisa didapatkan oleh perusahaan yang pada akhirnya akan mendapatkan kepuasan dari pelanggan. DOI : https://doi.org/10.26905/jbm.v5i2.2665

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen covers the areas of financial management science, human resource management, marketing management, and strategic management It also covers the field of ...