JURNAL AGRIBISAINS
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal AgribiSains

PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG

Fuad, Muhammad Sukri (Unknown)
Masithoh, Siti (Unknown)
Nahraeni, Wini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak, persepsi peternak terhadapSPR dan pola pemasaran sapi potong di Kecamatan Ciracap. Data dikumpulkan melaluisimple random sampling untuk mengetahui karakteristik dan persepsi peternak, sedangkanuntuk menelusuri lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Persepsi peternakterhadap SPR diukur dalam Skala Likert melalui 30 indikator. Persepsi peternak dikatakantidak baik apabila mempunyai nilai 50 – 117, persepsi kurang baik apabila mempunyai nilai118 – 185, dan persepsi peternak dikatakan baik jika mempunyai nilai 186 – 250. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap program SPR di KecamatanCiracap adalah kategori baik, dengan nilai persepsi mencapai 194,57. Pola pemasaran yangterbentuk melibatkan lembaga pemasaran tengkulak Ciracap, tengkulak Tasikmalaya, TPHSurade, dan TPH Tegal Buleud. Penjualan sapi potong oleh peternak dengan caramenyebarkan informasi kepada tengkulak mengenai sapi yang akan di jual.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AGB

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

Jurnal Agribisains adalah jurnal resmi yang diterbitkan oleh Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor sebagai media penyebarluasan, pertukaran informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Djuanda ...