Jurnal Varidika
Volume 30, No. 2., Tahun 2018

Kemandirian dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah

Sutama, S. (Unknown)
Hartini, Sri (Unknown)
Novitasari, Meggy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian dalam pembelajaran matematika MTs. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan desain penelitian holistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan kemandirian dalam pembelajaran matematika disusun oleh kepala madrasah bersama dewan guru pada waktu rapat pembagian tugas, penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan atau RKAT dengan memperhatikan kondisi siswa dan lingkungan sekitarnya. Pelaksanaan kemandirian dalam pembelajaran matematika di MTs dengan mengintegrasikannyapada struktur dan muatan kurikulum, program kesiswaan. Pengintegrasian kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika terlihat dalam kegiatan membuka dan menutupĀ  pelajaran dengan membaca doa dengan artinya yang dipimpin ketua kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

varidika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Jurnal Varidika is an open access and peer-reviewed scholarly international journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, and publishes twice a year (June and December). The journal focuses on publishing research article in the scope of ...