Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 2 (2017)

PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (ANIMASI FLASH) DI SMP MUHAMMADIYAH SE-KOTA WONOSARI KAB. GUNUNGKIDUL

Mardhika, Murein Miksa (Unknown)
Normawati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Guru-guru di sekolah menengah tingkat pertama dan atas telah mulai familiar dengan penggunaan media teknologi untuk pengajaran di kelas, seperti contohnya slide Powerpoint atau dokumen Word. Hanya saja, pemanfaatan media teknologi ini belum digali secara lebih mendalam, sehingga penggunaan satu metode yang terlalu lama membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton. Salah satu kemampuan yang belum banyak dikuasai yakni pengaplikasian animasi Flash untuk membantu mereka menciptakan media belajar yang interaktif untuk diajarkan kepada siswa di kelas. Kegiatan pelatihan ini menerapkan metode gabungan dari tiga komponen metode pelaksanaan yang ditawarkan, dimana pada kegiatan pelatihan yang diadakan, terjadi pengenalan teknologi baru melalui perangkat lunak untuk membuat media pembelajaran dengan animasi, dan diselenggarakan sebagai media guru untuk mendidik siswa saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Di bagian akhir pelaksanaan, peserta diminta untuk mengumpulkan feedback mengenai kegiatan pelatihan yang telah diikuti. Lebih dari 50% peserta yang hadir menyatakan tingkat kepuasan yang baik terhadap materi, pelaksana, dan kemanfaatan karya yang telah mereka hasilkan. Kata kunci : Media Pembelajaran, TIK, Pendidikan, Animasi, Flash. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmuad

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memiliki fokus pada hasil pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat, baik itu pengabdian dosen maupun KKN oleh mahasiswa. Selanjutnya, cakupan jurnalnya bisa dari berbagai bidang keilmuan, yang dapat memberikan banyak manfaat buat ...