Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
Vol 14, No 1 (2013)

Pembelajaran Menulis Pantun Secara Integratif Berbasis Lesson Study

Elfia Sukma (Unknown)
Mansur Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Artikel ini didasarkan pada hasil pelaksanaan kegiatan Lesson Study untuk pembinaan kemampuan profesional dosen dalam pem-belajaran. Lesson Study dilaksanakan oleh dosen kelompok mata kuliah Bahasa Indonesia di Jurusan PGSD FIP UNP. Mata kuliah yang ditetapkan untuk di Lesson Study-kan adalah mata kuliah Pembelajaran Sastra di SD dengan materi Apresiasi Produktif dan pokok bahasan Menulis Pantun Anak. Pendekatan yang dikembangkan adalah pendekatan integratif. Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis pantun secara integratif berbasis Lesson Study bagi mahasiswa PGSD UNP pada tahap plan, do, dan see. Pembelajaran menulis pantun anak yang dirancang secara integratif dan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam proses pembelajaran, baik dalam penguasaan materi maupun metode pembelajaran. Di samping itu, pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran. Kata Kunci: Lesson study, integratif, menulis pantun anak

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

komposisi

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni is an international journal dedicated for the publication of scientific articles in language education, literature, and arts education. It was firstly published on March 2000 with ISSN 1411-3732 in 2007 by Faculty of Language Literature and Arts ...