International Conference on Languages and Arts
Proceeding of the 1st ISLA 2012

PENDEKATAN PSIKOLOGI BAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA: Sebuah Model untuk Mencerdaskan Bangsa

Gusdi Sastra (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2012

Abstract

Makalah ini membahas tentang model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis psikologi bahasa (psikolinguistik) untuk mencerdaskan bangsa, melalui tiga tahapan proses mental, yaitu komprehensi, produksi, dan bio-neurologis. Model ini diharapkan dapat diterapkan terhadap guru dan peserta didik kelas IV sekolah dasar sampai kelas XII sekolah menengah. Penyusunan model ini melibatkan peran serta guru, pemerintah, dan orang tua, guna membangun paradigma pendidikan yang dapat mencerdaskan bangsa. Berdasarkan kajian psikologi dan neurologi bahasa, maka tersusun suatu model sederhana pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, yaitu Menudas (Membaca + menulis à cerdas). Menudas ini diperoleh melalui buku-buku karya sastra Indonesia tekenal yang mendunia melalui pengaktifan area sensorik dan motorik, sehingga terjadi pencerdasan mentalistik bangsa Indonesia.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Proceeding of the International Seminar on Languages and Arts is published by Faculty of Languages and Arts of State University of Padang (FBS Universitas Negeri ...