SIGMA
Vol 3, No 1 (2017): SIGMA

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI TRIGONOMETRI

Alfin Nurlalili Zain (Unknown)
Lili Supardi (Unknown)
Harfin Lanya (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa serta faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri kelas X. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 2 orang yang dipilih sesuai kriteria pada penelitian ini. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan wawancara. Dan kemudian, hasil tes dan wawancara di triangulasi dalam upaya mendapatkan data valid sehingga dapat dianalisis sebagai hasil dari penelitian ini. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri di antaranya: Jenis Kesalahan meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi serta faktor penyebabnya yaitu dimana siswa kurang memahami soal dengan baik, kurang memahami tentang konsep yang terkait dengan soal, kurangnya memahami urutan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal, kurangnya memahami soal serta kurangnya kemampuan kognitif tentang konsep pecahan, serta kurang teliti dalam menghitung hasil akhir, lupa, dan terburu-buru dalam menghitung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...