JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Vol 1, No 1 (2016): MAKRO

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR BIDANG CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI DURSA EFEK INDONESIA

Saputra, Taufik Aris (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Bidang Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek IndonesiaMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder. Dalam pemilihan sampel yang peneliti gunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria, sampel yang diperoleh yaitu 20 perusahaan Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012-2014. Data diuji dengan menggunakan statistik dekriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesisBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan secara simultan laverage (DER), ukuran perusahaan (SIZE) dan profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan uji secara parsial menunjukkan bahwa tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba karena nilai signifikansinya di atas 0,05 semua. Dan yang paaling dominan terhadap manajemen laba adalah profitabilitas (ROA) dengan nilai signifikan 1,417.

Copyrights © 2016