Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 1 (2018): Vol.3 No.1 (2018)

Penerapan Metode Kooperatif Model TAPPS Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungsari 2 Kabupaten Sidoarjo

Zulaikah, S.Pd (SDN Tanjungsari 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungsari 2 Kabupaten Sidoarjo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65%), siklus II (75%), siklus III (90%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TAPPS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SDN Tanjungsari 2 Kabupaten Sidoarjo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...