Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science)
Vol 3, No 1: Maret 2015

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Isabella Rahmawati (Unknown)
Bhisma Murti (Unknown)
Nunuk Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2018

Abstract

Latar Belakang: Prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan dalam mempelajari materi pelajaran yang din- yatakan dalam bentuk indeks prestasi setiap bidang studi setelah mengalami proses belajar mengajar. Dukungan keluarga yang baik akan membantu siswa dalam mencapai prestasi yang optimal, selain dari keluarga motivasi juga dapat didapatkan dari lingkungan sekitar.Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga, dengan prestasi belajar pada mahasiswa.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pe- nelitian adalah mahasiswa tingkat II Program studi DIII Kebidanan Mamba’ul Ulum Surakarta. Jumlah sampel adalah 79 mahasiswa dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian pada variabel dukungan sosial keluarga, menggunakan kuesioner, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan data sekunder. Analisis hubungan 2 variabel dengan analisis chi square.Hasil: Berdasarkan analisis diperoleh hasil terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan prestasi belajar (OR = 3,20 ; CI 95% 1,14 hingga 8,93 ; p = 0,027).Simpulan: Terdapat hubungan dukungan sosial keluarga dengan prestasi belajar.ABSTRACTBackground: Learning achievement is the level of success in learning the subject matter is expressed with a grade every field of study after experiencing the learning process. Good family support will assist students in achieving optimal, besides from the family, motivation can be obtained from the surrounding environmentObjective: To determine the relationship of family support with student learning achievement.Methods: This research is descriptive correlation with cross sectional approach. Population of the research are stu- dent level II at DIII Midwifery Academy Of Mamba’ul Ulum Surakarta. The number of samples are 79 students with a total population. Instruments of research on family social support variables using questionnaires, while variable learning achievement using secondary data. Relationship analysis two variables with chi square analysis.Results: Based on the results obtained by analysis of a significant relationship between social support families with learning achievement (OR = 3.20; 95% CI 1.14 to 8.93; p = 0.027).Conclusion: There is a relation families social support with Learning achievement.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Focus and Scope Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science) Pregnancy Labor Post Partum Pathology Midwifery community Family planning Reproduction health. ...