Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science)
Vol 2, No 3: Desember 2014

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASKEB IV DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Desy Syswianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2018

Abstract

Latar belakang: Model Pembelajaran merupakan faktor eksternal , sedangkan motivasi faktor internal dalam mem- pengaruhi prestasi belajar. Askeb IV merupakan mata kuliah yg sulit dalam kurikulum kebidanan. Berdasarkan nilai UAS selama tiga tahun, nilai Askeb IV menempati nilai terendah dari lima mata kuliah yang lain. Model pembelajar- an yang digunakan di prodi kebidanan STIKes Karsa Husada Garut masih menggunakan ceramah.Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar mata kuliah askeb IV mahasiswa kebidanan STIKes Karsa Husada Garut tahun 2013.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen randomized static group com- parison. Kelompok perlakuan diberikan pembelajaran Problem Based Learning dan kelompok kontrol dilakukan pembelajaran ceramah Tanya Jawab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III sejum- lah 85 mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Pengambilan data dengan menggunakan angket dan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan anova dua jalan.Hasil: penelitian menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara mahasiswa yang diberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan yang diberikan Ceramah Tanya Jawab (CTJ) terhadap prestasi belajar, dengan F sebesar 35,598 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi dan mahasiswa yang mempunyai motivasi rendah terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai F sebesar 10,752 dan p sebesar 0,002. Tidak ada interaksi pengaruh antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar mata kuliah Askeb IV mahasiswa prodi kebidanan Stikes Karsa Husada Garut tahun tahun 2013 dengan nilai F sebesar 1,268 dan p sebesar 0,264.Background: Model of learning is one of the external factors, mean while the motivation is internal factors influ- encing learning achievement. Midwifery Mother care fourth is a difficult subject in the curriculum of the midwifery. Based on the result of the final test of students for three years, the value this subject got the lowest value among the five other subject . Model of learning is used convensional model.Objective:The purpose of this study was to determine the influence of the learning model and motivation on learning achievement of midwifery mother care fourth subjects midwifery students STIKes Karsa Husada Garut in 2013.Methods: The study design used is a randomized experimental design experiments with static group comparison. The treatment group is given the learning Problem Based Learning and the control group is given convensional model. The population in this study of all students of third semester is 85 students consisting of 2 classes. Sampling was done randomly. Data were collected by using questionnaires and achievement tests. Data analyzed by using two ways ANOVA.Result: The results of this research showed that significant there was difference among students given learning model of Problem Based Learning (PBL) and the one who was given convensional model on learning achievement, with t value = 5,835 and p value = 0.000 (p <0,05). There is a significant difference among students with high mo- tivation and students with low motivation on student achievement with t value = 3,533 and p value = 0.002. There is no interaction effect between the model of learning with motivation on the learning achievement of midwifery mother care fourth subjects midwifery students Stikes Karsa Husada Garut year in 2013 with the F value of 1.268 and p equal to 0.264.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Focus and Scope Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science) Pregnancy Labor Post Partum Pathology Midwifery community Family planning Reproduction health. ...