Latar Belakang: Kemandirian pada anak sangat penting. Ciri kemandirian salah satunya adalah anak dapat me-nyelesaikan tugasnya sendiri. Berdasarkan studi pendahuluan saat ini permasalahan yang sering ditemukan ada-lah masih terdapat anak-anak yang belum bisa mandiri. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi kemandirian adalah pola asuh orang tua. Pola asuh terdiri dari 3 macam yaitu pola asuh otoriter, permisif, dan demokratis. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah Taman Kanak-Kanak Negeri Rembang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswa TK Negeri Rembang berjumlah 110, dan cara pengambilan sampel dengan metode simple random sampling sejumlah 87 responden. Instrumen penelitian menggunakan 2 kuesioner yaitu kuesioner pola asuh orang tua dan kemandirian anak prasekolah. Analisis menggunakan chi square. Hasil: Pola asuh orang tua yang paling banyak diterapkan adalah pola asuh demokratis 54 responden (72,0 %), dan yang paling sedikit pola asuh otoriter 2 responden (2,7 %). Kemandirian anak 64,0 % anak mandiri dan tidak mandiri 27,0 %. Hasil analisis dengan chi square diketahui X2 hitung < X2 tabel = 3,986 < 5,591 dan p value 0,136. Simpulan:Tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah Taman Kanak-Kanak Negeri Rembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015