Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis Open Ended dapat meningkatkan hasil belajar Matematika mahasiswa Akuntansi S1 semester I Universitas Pamulang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil ujian pada siklus pertama, 15 dari 35 mahasiswa atau 43% mahasiswa lulus materi “Hubungan Fungsi dengan Derivatif”. Sedang pada siklus kedua, 32 dari 35 mahasiswa yang memperoleh nilai yang termasuk kriteria lulus, yakni antara 60-95. Ada peningkatan hasil belajar dan persentase mahasiswa yang lulus yakni dari 43% menjadi 91%. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Open Ended ternyata disukai oleh mahasiswa karena dapat meningkatkan hasil belajar, selain itu, mahasiswa dapat menyampaikan gagasan atau ide terkait dengan bagaimana memecahkan suatu masalah Matematika dengan konsep yang bervariasi.
 Kata kunci: Open Ended, Matematika.
  
 
Abstract: This study aims to describe the implementation of Open Ended-based learning can improve Mathematics learning outcomes of the first semester S1 Accounting students at the University of Pamulang. Data collection is done by observation and tests. The results of the exam in the first cycle, 15 of 35 students or 43% of students passed the material "Relationship of Functions with Derivatives". While in the second cycle, 32 of the 35 students who received grades included in the criteria for graduation, namely between 60-95. There is an increase in learning outcomes and the percentage of students who graduate, from 43% to 91%. It was concluded that Open Ended based learning turned out to be favored by students because it could improve learning outcomes, in addition, students could convey ideas or ideas related to how to solve a Mathematical problem with varied concepts.
Keywords: Open Ended, Mathematic
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019