Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin dan rasa tanggung jawab siswa. Langkah penelitian ini adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian, observasi pada saat  pelaksanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahan data secara diskriptif komperatif serta diadakan refleksi dari masing masing siklus. Diperoleh hasil pada siklus I bahwa katagori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah yaitu nilai cukup. Sedangkan pada katagori rasa tanggung jawab siswa mencapai nilai cukup yaitu rata rata nilainya 6,7. namun pada  poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai  D yaitu 5,4. Pada siklus II hasilnya tingkat disiplin siswa mencapai nilai rata rata 8,6 (katagori sangat baik). Tingkat tanggung jawab siswa mencapai nilai 8,5 (sangat baik). Pada katagori mengerjakan tugas rumah yang hanya  mampu mencapai nilai pada katagori cukup yaitu dengan nilai  rata rata 6,7. Disimpulkan terjadinya peningkatan tingkat disiplin dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai siklus ke II karena dilakukan perbaikan pada teknik dalam memberikan sanksi berjenjang secara bervariasi, pembinaan dengan kontinu serta motivasi kepada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019