Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris, terutama dalam mendeskripsikan benda, orang atau tempat tertentu melalui strategi pembelajaran Picture Word Inductive Model. Penelitian dengan menggunakan analisis data berupa triangulasi metode, menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengiktui pembelajaran menulis berbahasa Inggris ketika menggunakan strategi PWIM. Dari keadaan semula hanya 9 siswa (23,68%) dari 38 siswa yang bisa mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu, pada tindakan siklus pertama ada 15 siswa (39,47%) yang bisa mendiskripsikan benda tertentu dengan lebih benar. Pada siklus ke dua sebanyak 25 siswa (65,79%) bisa mendiskripsikan orang tertentu dengan lebih benar. Pada siklus ke tiga kembali terjadi penurunan hasil belajar siswa. Hanya 20 siswa (52,63%) bisa mendiskripsikan tempat tertentu dengan lebih benar. Bisa disimpulkan bahwa PWIM signifikan guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris terutama dalam mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu.
Copyrights © 2019