Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019

Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Dengan Menggunakan Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD

Retina, Retina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2019

Abstract

Abstrak: Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Discovery dapat meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SDN Loang Tuna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Loang Tuna, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Loang Tuna yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam   penelitian  ini  adalah  metode  observasi  dan  tes  hasil  belajar  untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita dengan menerapkan  metode  discovery. Hasil  penelitian  ini  bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu dari nilai rata- rata  62,06  pada  siklus  I  menjadi  80,34  pada  siklus  II,  dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,10% yang sebelumnya hanya 48,27%. Disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  bahasa  Indonesia  pokok bahasan  menulis cerita pada siswa kelas V SDN Loang Tuna. Hal ini terbukti dengan meningkatnya. Kata kunci: Metode Discovery, Prestasi Belajar.   Abstract: This research aims to describe the Implementation of Discovery Method can improve Indonesian Language Learning Achievement The Subject of Writing Stories in Class V Students of SDN Loang Tuna. The subject of this study was the fifth grade students of Loang Tuna Elementary School, the study population was all fifth grade students of Loang Tuna Elementary School, amounting to 29 people. The data collection method used in this study is the method of observation and test of learning outcomes to determine the increase in learning achievement in Indonesian, the subject of writing stories by applying the discovery method. The results of this study that the average value of all students is from the average value of 62.06 in the first cycle to 80.34 in the second cycle, with the percentage of learning completeness of 93.10%, which was previously only 48.27%. It was concluded that the application of discovery methods can improve learning achievement in Indonesian, the subject of writing stories in class V SDN Loang Tuna. This is proven by the increase. Keywords: Discovery Method, Learning Achievement

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...