MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 2 (2018): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Pemodelan Komunikasi Personal Selling Raja Aqiqah Melalui Penjualan Jasa Hewan Kurban Online

Rizka Iskandar (Student of Magister Communication)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Kreatifitas menggunakan jaringan internet membuat kemajuan ekonomi rakyat Indonesia semakin pesat. Pemerintah telah mendukung dengan memberikan kebijakan untuk mengembangkan usaha dan potensi pasar iklan pada produk e-commerce. Hal ini dimanfaatkan oleh wirausaha untuk mengembangkan produknya melalui media online dan media sosial untuk memudahkan komunikasi secara langsung tanpa kehadiran fisik. Pengembangan usaha secara online menjadi sebuah peluang menjanjikan bagi banyak wirausaha, salah satunya adalah pengusaha muda Andi Nata yang memiliki unit usaha bernama Raja Aqiqah. Adapun pilihan usaha berupa jasa hewan kurban yakni untuk Hari Raya Idul Adha, Aqiqah, dan Catering acara menjadi variasi dalam pelayanan jasa yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model tentang komunikasi personal selling Raja Aqiqah melalui jasa penjualan hewan kurban online. Peneliti menemukan bahwa pemodelan tersebut menghasilkan peningkatan pada penjualan jasa hewan kurban yang menggunakan media online berupa Website dan WhatsApp. Hal penting medasar dalam pemodelan komunikasi personal selling Raja Aqiqah adalah pentingnya keahlian komunikasi antar pribadi yang dimiliki oleh tenaga pemasar, yakni Openness, Empathy, Supportiveness, Positiveness, dan Equality. Keberhasilan proses usaha online e-commerce Raja Aqiqah, juga ditemukan dalam pemodelan komunikasi personal selling melalui tahapan yang dibentuk untuk tenaga pemasar Raja Aqiqah, yaitu Perhatian (Attention) dengan cara Prospecting for Customer, Minat (Interest) dengan melakukan Opening the Relationship dan Qualifying the Prospect, Hasrat (Desire) dengan memberikan Presenting the Sales Message, dan Tindakan (Action) akhir untuk Closing the Sales serta Servicing the Account. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa keahlian komunikasi tenaga ahli pemasar yang didukung dengan Website dan WhatsApp memiliki andil penting dalam kelancaran komunikasi antara produsen dengan konsumen, serta dinilai sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien dalam proses interaksi penyampaian pesan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan Raja Aqiqah, sehingga menjadi satu kesatuan dalam berkomunikasi dengan cara personal selling dengan dibantu media sosial untuk memberikan sinergi dalam peningkatan pemahaman produk serta penjualan jasa hewan kurban Raja Aqiqah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...