MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 2 (2018): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

ANALISIS FRAMING ROBERT ENTMAN PADA PEMBERITAAN KPK VS POLRI JILI D III (Studi Kasus Pada Koran Tempo dan Media Indonesia Periode Januari Sampai Dengan Juni 2015)

Muhammad Hidayat Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Konflik yang terjadi antara KPK dan Polri, dari jilid I hingga III ini tidak terlepas dari pengaruh pemberitaan media massa. Media massa sangat berperan penting sebagai wadah yang melakukan pencarian, pengolahan dan penyebarluasan data dan informasi perseteruan antara KPK dan Polri. Media juga memiliki kepentingan dalam menyebarluaskan berita sehingga dapat mengiring opini public yang didasari ideologi media tersebut. Dalam menjalankan ideologi Media juga tak jarang melakukan hegemoni, hal ini dikarenakan saat ini media telah menjadi kekuatan untuk memenagkan opini publik. Adapun yang menjadi objek peneliti ialah Media Indonesia dan Koran Tempo dan akan dianalisis dengan konsep framing Robert Entman. Definisi masalah, sumber masalah, keputusan moral, penyelesaian masalah Menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan unit analisnya ialah berita Koran Tempo dan Media Indoensia pada periode Januari sampai dengan Juni 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan penonjolan pemberitaan yang dilakukan oleh Koran tempo dan Media Indonesia. Koran Tempo lebih memperlihatkan permasalahan Budi Gunawan dan Presiden Joko Widodo sebagai penyebab masalah. Sedangkan Media Indonesia lebih memperlihatkan kinerja KPK yang dalam menjalankan tugasnya melanggar prosedur atau peraturan.  Kata kunci: Media Massa, Opini Publik, Framing

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...