Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol 11 No 1 (2019): Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences - January 2019

Hubungan Mind Map dan Motivasi Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP di Kabupaten OKU Timur

Eka Marwati (STKIP Nurul Huda OKU Timur)
Dwi Andriani (STKIP Nurul Huda OKU Timur)
Hastuti Retno Kuspiyah (STKIP Nurul Huda OKU Timur)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2019

Abstract

Implementasi metode Mind Map dalam hubungannya dengan motivasi belajar siswa terhadap pembentukan karakter berlangsung dengan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Mind Map dan motivasi belajar siswa dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan korelasi dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 20, bahwa hasil nilai kemampuan menulis siswa dominan berada pada kategori baik. Hasil nilai motivasi belajar siswa ada 26 siswa dengan kategori tinggi (32,92%), 52 siswa dengan kategori sedang (65,82%), dan 1 siswa memiliki kategori rendah (1,27%). Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara Mind Map (hasil kemampuan menulis siswa) dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter siswa yang dapat menumbuhkan karakter positif, yaitu: memiliki perilaku mencerminkan sikap beriman, berakhlak mulia, berilmu jujur, disiplin,bertanggung jawab, percaya diri, peduli, dan rasa ingin tahu.

Copyrights © 2019