Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode scramble untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebelum dan setelah diterapkan metode scramble, dan (2) mendeskripsikan apakah motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan metode scramble.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar berjumlah 9 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design. Prosedur penelitian melalui tiga tahap dengan tahapan; (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar setelah diterapkan metode scramble dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 93 (71,53%) dengan skor terendah 75 (57,69%) dalam kategori tinggi, dan pada saat post-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 116 (89,23%) dengan skor terendah 82 (63,08%) dalam kategori sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan menerapkan metode scramble mengalami peningkatan.
Copyrights © 2018